Pengertian Makalah, Paper dan Artikel Ilmiah

Pengertian Makalah, Paper dan Artikel Ilmiah | Ketiga hal yang akan bahas ini merupakan hal yang sudah sangat sering didengar, namun tidak semua orag mengetahui apa artinya yang sebenarnya dari Makalah, Paper, dan juga Artikel Imiah. Nah untuk itu, disini akan Kami bahas 3 hal tersebut dan semoga pembahasan ini dapat membantu Anda.
Pengertian Makalah, Paper dan Artikel Ilmiah
Makalah adalah naskah yang sistematik dan utuh yang berupa garis-garis besar (outlines) tentang suatu masalah, dan ditulis dengan menggunakan pendekatan satu atau lebih disiplin keilmuan tertentu, baik itu dengan menguraikan pendapat, gagasan ataupun pembahasan dalam rangka pemecahan masalah tersebut.

Paper adalah sebutan khusus bagi makalah di kalangan mereka para akademisi (mahasiswa) dalam kaitannya dengan pembelajaran serta pendidikannya sebelum mengakhiri/ menyelesaikan jenjang studi (Diploma/S1/S2/S3)
 
Artikel ilmiah merupakan sebutan khusus untuk makalah yang sudah mengalami variasi dan adaptasi tertentu, yang dipublikasikan dengan suatu jurnal ilmiah atau penerbitan khusus lain, tanpa ada meninggalkan prinsip dari struktur, format, sistematika dan isi makalah ilmiah.

Format dalam Penulisan Makalah, Paper, Artikel diantaranya :
1. Judul
2. Pendahuluan / Latar Belakang Masalah
3. Permasalahan / Rumusan Masalah
4. Kajian Teori
5. Pembahasan (isi)
6. Kesimpulan
7. Saran
8. Penutup
9. Daftar Pustaka

Satu hal yang penting untuk selalu diingat ialah: segeralah untuk menulis di saat permasalahan sudah ditemukan. Jika permasalahan tersebut tidak langsung ditulis akibatnya akan semakin kabur dan perlahan akan hilang. Pada akhirya kegiatan menulis karya ilmiah kembali terkatung-katung lagi. Alangkah baiknya untuk menginventarisir banyak permasalahan. Dari inventarisasi tersebut, pilihlah satu atau dua permasalahan yang memiliki daya tarik paling kuat, kemudian kembangkan dua atau tiga buah topik yang bisa dibahas menjadi sebuah tulisan ilmiah.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Makalah, Paper dan Artikel Ilmiah yang dapat Kami bagikan pada artikel kali ini. Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaar.

Komentar

Postingan Populer