Pengertian Steganografi Serta Contoh Penerapannya

Pengertian Steganografi Serta Contoh Penerapannya | Steganografi merupakan seni dan ilmu untuk menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan sebuah pesan dengan suatu tahnik sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada orang lain yang dapat mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia.
Pada umumnya, pesan steganografi yang dikirim dapat berupa gambar, daftar belanjaan, artikel, atau pesan-pesan lainnya. Pesan yang tertulis ini adalah tulisan yang menutupi. Misalnya, suatu pesan dapat disembunyikan dengan menggunakan tinta yang tidak terlihat di antara garis-garis yang kelihatan.

Teknik ini meliputi banyak metode komunikasi untuk menyembunyikan isi pesan rahasia (teks atau gambar) yang ada di dalam berkas-berkas lain yang mengandung teks, image, bahkan audio tanpa ada menunjukkan ciri-ciri perubahan yang  terlihat baik dari segi kualitas ataupun struktur dari berkas semula. Metode ini termasuk tinta yang tidak tampak, microdots, pengaturan kata, tanda tangan digital, jalur tersembunyi dan komunikasi spektrum lebar.

Nah bagaimana dengan contoh penerapannya???.... Berikut contoh penerapan steganografi.



Komentar

Postingan Populer